Pages

Subscribe:

Minggu, 01 April 2012

7 Trend Penentu Kesuksesan Blogging di Tahun 2012

Trend blogging dengan selera pribadi anda boleh jadi berseberangan.
Hanya saja seorang blogger mesti paham bahwa trend adalah representasi dari selera & keinginan pembaca. Jika sekarang anda sedang berjuang untuk meningkatkan; traffic, konversi, pelanggan RSS atau klik iklan, mengikuti trend mungkin pilihan yang terbaik.
Trend blogging muncul ketika sebuah metode, cara, atau alat blogging terbukti berhasil pada beberapa blogger hingga memicu lebih banyak lagi blogger yang menerapkannya.
Blogging Trend 2012
Blogging Trend 2012
Saya mencatat sedikitnya ada 7 trend penting di dunia blogging selama tahun 2011 kemarin. Saya prediksi 7 trend tersebut masih akan mempengaruhi arah blogging –bahkan lebih signifikan- sampai penghujung tahun 2012 nanti. Dengan kata lain, kemampuan anda beradaptasi dengan 7 trend tersebut akan menentukan sukses tidaknya blog anda pada tahun ini.

7 Trend Blogging Tahun 2012

1.      Konten Riset
Trend ini semakin menguat setelah google menyatakan perang terhadap spam blog pasca perubahan algoritma panda.
Seperti ditulis oleh Amit Singhal (fellow google) di Google Webmaster Central Blog, google menginginkan konten berkualitas tinggi untuk muncul sebagai hasil pencarian. Konten dimaksud -antara lain- berupa analisis asli, penelitian mendalam dan memberikan nilai besar.
Konten riset merupakan bentuk ideal dari definisi konten berkualitas. Secara umum konten riset berupa analisis asli, bukan pengulangan ide konten yang telah ada. Selain itu, meski ditopang bukti yang sarat dengan data (angka), konten riset tetap mempertahankan gaya penulisan blogger (percakapan).
Data konten bisa bersumber dari penelitian sendiri atau pihak lain. Tidak masalah selama itu bisa dipertanggungjawabkan.
Contoh paling sederhana biasanya posting yang menggunakan data dari google analityc. Anggaplah anda menemukan satu metode untuk meningkatkan traffic. Sajikan data google analityc jumlah pengunjung blog anda sebelum dan sesudah anda menggunakan metode tersebut.
Beberapa jenis konten riset populer yang bisa anda jadikan contoh antara lain; waktu terbaik untuk posting di blog Dan Zarella, atau menguji landing page dalam menghasilkan konversi di visual website optimizer.
2.      Infographic
Semakin banyak blogger menggunakan infografic karena lebih shareable. Contohnya infografic mengenai bagaimana warna bisa mempengaruhi pembelian dari kissmetric yang telah di tweet sebanyak 8.065 kali.
Mudah dipahami mengapa pengguna web menyukai infographic. Pada dasarnya manusia itu mahluk visual.
Anda tidak perlu menjadi desainer grafis untuk membuat infografic. Saat ini banyak tersedia alat gratis untuk membuat infografic. Sebagai panduan, anda bisa membaca artikel dari smashing magazine mengenai cara membuat infografic.
3.      #1 SEO : Konten Berkualitas
Sampai sekarang mungkin anda masih sering mendengar istilah menulis untuk mesin pencari versus menulis untuk pembaca ?
Dikotomi diatas sebenarnya agak membingungkan. Kita tahu google mengikuti keinginan pembaca. Jadi menulis untuk pembaca itu sama saja dengan menulis untuk google, bukan?
Penciptaan konten berkualitas secara konsisten merupakan strategi SEO terbaik hari ini.
Salah satu alasannya yaitu kemampuan konten berkualitas menurunkan bouncing rate. Hal ini penting karena google menggunakan bouncing rate sebagai faktor signifikan dalam menentukan peringkat. Jadi percuma saja merekayasa kata kunci untuk mendatangkan pengunjung yang segera terpental begitu memindai konten anda ternyata berkualitas rendah.
Setelah semua, satu-satunya teknik SEO yang ‘diakui’ oleh google yaitu menciptakan konten berkualitas untuk pembaca.
4.      Content Marketing
Sekarang lebih banyak blog yang berfungsi sebagai alat pemasaran produk dan jasa pemiliknya. Pelaku internet marketing menyebutnya strategi content marketing. Sebuah cara menjangkau, menjalin hubungan dan mempertahankan pelanggan lewat konten-konten yang berbasis kepentingan pelanggan. Meskipun semua konten masih dalam konteks produk dan jasa yang dipasarkan, tapi penyajiannya jauh dari kesan promosi.
Contoh blog yang menerapkan strategi content marketing yaitu copyblogger (khususnya setelah merger dengan studiopress). Saya mencermati seluruh konten copyblogger sebenarnya dalam rangka memasarkan Genesis, Premise, Scribe & Synthesis.
5.      Desain Minimalis
Ada yang mengistilahkannya desain Zen.
Pada awalnya saya sendiri mengartikannya harfiah dengan mengacu pada blog zen habits Leo Babauta. Dibelakang hari baru saya temukan ternyata banyak blog yang didesain diatas prinsip minimalis namun tetap kaya warna, misalnya blog Tyrant.
Komunitas blogger mulai sadar efek negatif link yang terlalu banyak pada header, sidebar, bar navigasi, footer, before & after post. Kebanyakan fitur bisa membingungkan pembaca menavigasi blog. Selain itu, untuk setiap link baru yang anda tambahkan akan mengurangi peluang link yang lain untuk diklik.
Desain minimalis membatasi fitur yang ditampilkan sesuai dengan tujuan pemilik blog. Rata-rata blog untuk tujuan bisnis membatasi maksimal 3-4 widget pada sidebar. Contohnya blog social triggers.
Blog minimalis lansung mengarahkan pengunjung meng-klik link yang menguntungkan pemiliknya. Misalnya form berlangganan email newsletter (bisnis afiliasi dan konsultasi), banner sponsor (pendapatan lansung), atau artikel terpopuler (menurunkan bounce rate).
6.      Linking Out
Ada beberapa alasan mengapa banyak blogger mulai royal memberikan link.
Link keluar membangun otoritas. Link keluar membuktikan anda punya referensi yang luas atas topik yang anda tulis (kecuali posting ini). Tanpa link keluar, anda patut dicurigai tidak memahami topik yang anda bahas.
Pengguna web mencintai link. Riset Dan Zarella menemukan bahwa salah satu tweet yang cenderung di retweet adalah tweet yang berisi link. Hal yang sama berlaku pada posting blog.
7.      Guest Blogger
Pada awalnya posting tamu bertujuan membangun link (masuk) sekaligus memperoleh traffic (referral). Tapi sekarang posting tamu lebih dimaksudkan untuk membangun otoritas pada niche tertentu. Misalnya kepakaran anda mengenai teknik blogging akan semakin diakui jika pernah menulis di Problogger. Bahkan blogger sekelas Neil Pattel (pendiri Kissmetric) pun. masih merasa perlu -berkali-kali- menulis posting tamu di problogger untuk mengukuhkan otoritasnya.
Selama tahun 2011 kemarin saya juga menyaksikan nama Ana Hoffman yang melejit sebagai otoritas baru di niche SEO karena agresifitasnya menulis posting tamu. Saya menemukan tulisan Ana mengenai SEO hampir disemua blog langganan saya.

Trend Blogging Penentu Kesuksesan Anda ?

Trend adalah petunjuk kemana arus perubahan menuju. Anda boleh ikut atau menolak. Tapi sejarah membuktikan mereka yang bisa beradaptasi dengan perubahan biasanya keluar sebagai pemenang.
Tentu saja semua prediksi diatas subjektif belaka. Jangan ragu memberi komentar bila anda punya pengamatan berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar