Pages

Subscribe:

Kamis, 05 April 2012

Perbedaan Bisnis MLM Dan Direct Selling


Perbedaan Bisnis MLM dan Direct SellingHampir semua bisnis MLM melakukan direct selling, tapi tidak semua bisnis direct selling memiliki sistem multi level marketing. Bahkan pelaku bisnis MLM dan bisnis DS sendiri masih rancu menggunakan istilah ini. Lalu apa perbedaan keduanya?
Direct selling atau penjualan langsung pertama kali muncul dengan beroperasinya The California Perfume Company di New York tahun 1886 yang didirikan oleh Dave McConnel. Yaitu suatu proses penjualan langsung dari penjual kepada konsumen yang biasanya disertai dengan penjelasan, presentasi ataupun demonstrasi produk.
Istilah lain nya adalah door to door marketing, dimana penjual berkeliling daerah dan mengetuk pintu rumah untuk menawarkan produknya. Tapi kalau jaman sekarang, mungkin sudah lebih canggih ya dengan adanya internet, penjual bisa mencari konsumen secara online.
Beberapa perusahaan MLM pun menganut sistem direct selling ini. Dimana anggotanya dapat menjual produk langsung kepada konsumen.
Perbedaan mendasar antara bisnis MLM dan direct selling adalah pada struktur pendapatan atau komisinya. Di bisnis direct selling murni, penjual hanya mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual, sementara pada bisnis MLM, keuntungan juga didapat dari hasil perkembangan jaringan.
Beberapa perusahaan direct selling pun menggunakan sistem pemasaran berjenjang, namun biasanya hanya terbatas sampai 1 – 2 level kedalaman saja. Sementara kalau di bisnis MLM, keuntungan bisa di dapat dari level yang lebih dalam lagi.
Sementara dari sisi pengembangan jaringan secara horizontal, kedua sistem bisnis ini tidak menentukan batas maksimalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar